| Blogging | Sharing | Read |

Sabtu, 22 Maret 2014

Penyebab dan Cara Cepat Atasi Cegukan


 Penyebab dan Cara Cepat Atasi Cegukan




- Apakah sobat pernah mengalami cegukan...??? Apa sih penyebab cegukan dan bagaimana cara mengatasi cegukan. Cegukan atau hiccup yang istilah medisnya singultus adalah kontraksi tiba-tiba yang tak disengaja pada diafragma, umumnya terjadi berulang-ulang setiap menitnya. Bila berlangsung sebentar saja, maka cegukan bukanlah masalah. Tetapi ternyata gejala ini dapat berlangsung lama, sehingga bisa menyebabkan insomnia, kelelahan, bahkan depresi bagi yang mengalaminya. Cegukan terlama tercatat di The Guinness World Records dipegang oleh Charles Osborne (1894-1991) dari Anthon, Iowa, Amerika Serikat. Cegukan tersebut dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi 40 kali per menit, melambat menjadi 20 kali, dan akhirnya berhenti pada bulan Februari 1990, dengan total waktu selama 68 tahun, ckckckc..bayangkan ...!

Penyebab cegukan
1.    Penyebab dari cegukan ringan adalah: Penyebab paling sering pada kategori ini karena adanya regangan pada lambung. Selain itu, juga karena perubahan cuaca mendadak (misalnya dari dingin ke panas atau sebaliknya), makan tergesa-gesa, makan makanan yang terlalu panas atau dingin, meminum minuman beralkohol atau berkarbonasi, merokok terlalu banyak, atau mengalami stress.
2.    Cegukan yang bersifat tetap/ permenen adalah : adanya gangguan di otak (misalnya gejala tumor di batang otak), gejala stroke (pada penderita stroke sering timbul cegukan), infeksi infeksi di susunan saraf pusat (otak), adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, selain itu juga karena gangguan metabolic seperti pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena uremia. Juga karena gangguan elektrolit (kurang kalium), termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Cara cepat mengatasi cegukan
1.    Cara mudah menyembuhkan cegukan adalah menahan napas, minum segelas air dingin, atau makan sesendok gula.
2.    Dengan meletakkan kantong kertas di depan mulut dan mencoba bernapas dari kantong kertas itu selama beberapa menit.
3.    Dengan menahan napas selama mungkin, lalu menelan ketika cegukan dirasakan akan datang.
4.    Dengan menahan napas selama mungkin kemudian keluarkan dan tahan selama mungkin. Atau dengan menahan napas dengan kepala tengadah.
5.    Tidur berbaring dengan kedua lutut ditekuk ke arah perut. Lakukan beberapa saat hingga cegukan hilang.
6.    Membungkuk sampai jari tangan dapat menyentuh ibu jari kaki selama 60 menit.
7.    Dengan memegang lidah dengan jempol dan jari telunjuk kemudian tariklah ke depan secara perlahan.
8.    Minum segelas air dengan menggunakan sedotan sambil membungkuk atau ruku.
Bila cegukan tidak hilang juga dalam beberapa jam atau bahkan hari, maka pertolongan medis seperti penggunaan obat-obatan sudah diperlukan. Beberapa obat yang dapat digunakan untuk menghilangkan cegukan diantaranya adalah chlorpromazin, metoclopramid, antikonvulsan (fenitoin, asam valproat, carbamazepin) atau dengan langsung berkonsultasi ke dokter.



Terimakasih sudah mampir ke blog saya, semoga bermanfaat bagi kita semua,terutama anda yang sudah membaca post ini, semoga bermanfaat. Terimakasih, jangan lupa join blog ini dan datang lagi ya,hehhe.. :)
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© FirSyied - Zone
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top